Tingkatkan Kapasitas BUMDes Syariah, MIRES Bengkalis Taja Bimtek Bersama PMD

dibaca: 540 kali
Oleh: Editor Pemerintahan Daerah | Senin, 21 Juni 2021 - 13:35:56 WIB

Tingkatkan Kapasitas BUMDes Syariah, MIRES Bengkalis Taja Bimtek Bersama PMD

Asisten Bupati, Heri Indra Putra didampingi Kepala PMD Bengkalis, Drs. Yuhelmi dan Ketua MIRES Bengkalis, Ade Indra Suhara, Billy Yanis Saputra CEO BengkalisInfo.Com dan Penasihat Hukum Al Azis

PEKANBARU - Bupati Bengkalis yang di wakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asisten II) H Heri Indra Putra membuka secara resmi Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Badan Usaha Milik Desa Berbasis Syariah Se Kabupaten Bengkalis, Jumat 18 Juni 2021.

 

Kegiatan yang digelar di Hotel Furaya Kota Pekanbaru ini merupakan hasil kerjasama Malay Independent Research (MIRES) dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kab. Bengkalis.

 

Melalui sambutannya Asisten II berharap output kegiatan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM BUM Desa di Kab. Bengkalis dan tentunya penataan administrasi yang baik. Sehingga mampu mengelola BUM Desa menjadi motor utama penggerak majunya pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat pedesaan.

 

“Yang terpenting BUM Desa mampu menggali dan mengelola potensi yang ada di Desa. Sehingga mempunyai nilai ekonomis dan menghasilkan income yang besar bagi desa itu sendiri,” harap Asisten II saat membacakan sambutan Bupati Bengkalis.

 

Dikesempatan yang sama Kadis PMD Kab. Bengkalis Drs. Yuhelmi M.Si menegaskan, BUM Desa harus menjadi perhatian bersama seluruh stakeholder, baik pemerintah desa maupun daerah “Apalagi pada tanggal 2 Februari kemarin telah diterbitkan PP Nomor 11 khusus mengatur BUM Desa, hal ini mencerminkan keseriusan Pemerintah Pusat terhadap BUM Desa, tentu sekaligus menjadi warning bagi Pemerintah Desa dan Pengelola BUM Desa agar lebih serius dalam administrasi BUM Desa terutama dalam hal Legalitas BUM Desa sesuai PP tersebut" tegasnya.

 

Melalui kesempatan ini pula, dirinya mengingatkan Pengelola BUM Desa, terus lakukan evaluasi dan inovasi atas pengelolaan BUM Desa agar kedepannya lebih baik lagi.

 

Kepada peserta Bimtek juga diminta untuk mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya, agar seluruh materi dari narasumber bisa dipahami dan diaplikasikan dalam pengelolaan BUM Desa di Desa masing-masing.

 

“Harapan saya seluruh peserta benar-benar serius dan mencermati apa yang disampaikan oleh narasumber terutama pada bagian BUM Desa Syariah karena sejalan dengan Perbup 81 tahun 2019 tentang BUM Desa berbasis Syariah di Kab. Bengkalis” kata Kadis PMD di kata sambutanya.

 

Sementara itu, Ade Idra Suhara, M.Si sebagai Ketua Umum MIRES menerangkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan merupakan fokus pihaknya di daerah dalam rangka mewujudkan sinergi dengan Pemerintah Daerah khususnya dengan Dinas PMD Kab. Bengkalis.

 

“Pelaksanaan BIMTEK BUM Desa Berbasis Syariah kali ini di ikuti Desa-desa di 4 Kecamatan yaitu Kecamatan Bantan, Kecamatan Bukit Batu, Kecamatan Bandar Laksamana, Kecamatan Siak Kecil dan ada 2 Desa dari Kecamatan Bengkalis. Selanjutnya akan kita laksanakan gelombang berikutnya untuk Desa dikecamatan yang lain" kata Ade.

 

Olehnya diharapkan dengan kegiatan ini, tata kelola BUM Desa di Bengkalis akan lebih baik, yakni paham legalitas BUM Desa, Administrasi yang baik dan tentunya kedepan bisa mengaplikasikan BUM Desa berbasis Syariah karena sejalan dengan Perbup 81 Tahun 2019 Tentang BUM Desa Syariah Kab. Bengkalis terang ketua MIRES.

 

Turut hadir dalam kegiatan Narasumber, Al Azis, SH, MH, Billy Yanis Saputra, SE, MM, Andrika Desrianto Setiawan, S.Pi, Risman Hambali, ME, Saifullah, ME dan Sandi Andika, MA serta Camat Bukit Batu, Camat Bandar Laksmana dan Camat Siak Kecil.**

 


Penyunting : SUPIAN

  Print Berita

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook