Dalam Menghadapi Era Digital

PWI Bengkalis Taja Pelatihan Dasar Jurnalistik Untuk Pelajar dan Mahasiswa

dibaca: 307 kali
Oleh: Editor Pendidikan | Rabu, 23 Desember 2020 - 01:31:12 WIB

PWI Bengkalis Taja Pelatihan Dasar Jurnalistik Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Foto : Ketua LPP RRI Banda Aceh Tengku Haris Fadillah pada saat memberikan materi Jurnalistik kepada peserta.

BENGKALISINFO.COM, - Dalam rangka untuk meningkatkan sumber daya manusia yang handal dibidang penulisan, persatuan wartawan Indonesia (PWI) kabupaten bengkalis bekerjasama dengan politeknik negeri bengkalis mengelar kegiatan pelatihan jurnalistik tingkat dasar/sederajat dengan tema pengenalan jurnalistik kepada generasi milenial.

 


Kegiatan pelatihan jurnalistik tersebut berlangsung di gedung utama lantai dasar polbeng.

 

Pelatihan ini dibagi menjadi tiga kelompok, yang pertama kelompok mahasiswa dipusatkan dikampus polbeng, kelompok ini diikuti sekitar 20 peserta. Sementara untuk kelompok pelajar SMP dan SMU diikuti sekitar 60 peserta.

 

Hal itu diungkapkan ketua panitia pelaksana Sri Mawarti bahwa, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka untuk memberikan pemahaman tentang dasar - dasar jurnalistik, bagaimana menulis berita yang baik dan benar yang sesuai dengan kaidah jurnalistik.

 

"Kita akan mengajarkan kepada para siswa dan mahasiswa cara menulis berita yang baik dan benar," Kata Sri kepada wartawan pada Senin (21/12) pagi sekitar pukul.09.00 WIB.

 

Lebih lanjut, Sri juga mengatakan bahwa saat ini situasi sudah berubah seiring berkembang teknologi informasi 4.0 yang penuh dengan tantangan dan kebebasan berekspresi tanpa batas terutama penguna media masa.

 


Dengan adanya pelatihan ini, dapat membekali peserta tentang dasar - dasar jurnalistik apalagi dikaitkan dengan perundang - undangan dan produk hukum lainnya yang berhubungan dengan jurnalistik.

 

"Seperti kita ketahui Undang - Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang pers, dan UU ITE nomor 11 Tahun 2012 tentang sistem peradilan anak yang berhubungan dengan pedoman pemberitaan ramah anak," Sambung Sri.

 

Selain itu, Sri juga menjelaskan tentang bagaimana cara mempergunakan media sosial dengan baik dan bijak sehingga tidak terjerat dengan hukum terutama Undang - Undang ITE.

 

"Saat ini generasi muda sering kali mengunakan media sosial sebagai alat komunikasi, untuk itu harus kita dibekali dengan aturan yang jelas agar tidak terjebak dengan persoalan hukum," Tutup Sri


Ia berharap dengan adanya kegiatan pelatihan jurnalistik ini dapat menambah ilmu pengetahuan kepada pelajar dan mahasiswa dalam memahami serta cara - cara penulisan dalam membuat sebuah berita.

 

Turut hadir dalam kegiatan jurnalistik dan sekaligus sebagai nara sumber Tengku Haris Fadillah penguji UKW dari dewan pers bekerja di LPP RRI Banda Aceh, Wartawan Senior PWI Bengkalis, Zulkarnain sebagai pemateri yang kedua.**

 

 

Penulis : SUPIAN

  Print Berita

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook