Tim Pengabdian Polbeng Beri Bantuan Alat Pengasapan Ikan Pada Nelayan

dibaca: 207 kali
Oleh: Admin Pendidikan | Jumat, 22 Oktober 2021 - 20:08:16 WIB

Tim Pengabdian Polbeng Beri Bantuan Alat Pengasapan Ikan Pada Nelayan

Tim Pengabdian Polbeng Saat Menyerahkan Bantuan Alat Pengasapan Ikan Pada Kelompok Nelayan Desa Deluk Kecamatan Bantan

BENGKALISINFO.COM - Melalui Program pengabdian masyarakat Politeknik Negeri Bengkalis Pendanaan PNBP Polbeng tahun 2021, tim Dosen Politeknik Negeri Bengkalis, yang terdiri dari dua orang dosen Program Studi Teknik Informatika yaitu Lipantri Mashur Gultom, M.Kom dan Desi Amirulah M.T yang dibantu oleh dua orang mahasiswa Jurusan Teknik Mesin melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat pada kelompok Nelayan Berkah Sepakat di Desa Deluk Kecamatan Bantan.

 

Adapun kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan membantu Kelompok Nelayan Berkah Sepakat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas serta pemasaran produk ikan asap dari hasil tangkapan nelayan tradisional di perairan selat melaka. Kegiatan Pengabdian dalam bentuk hasil produk yaitu Alat Pengasapan Ikan dan konten Pemasaran secara Digital melalui Media Sosial untuk memperluas area pemasaran dan memperpendek alur distribusi dari produsen ke konsumen sehingga hasil olahan ikan asap dapat dijual langsung kepada konsumen yang pada akhirnya diharapkan kualitas ikan asap masih sangat baik, dan meningkatkan pendapatan kelompok nelayan.


Alat pengasapan ikan ini dibuat di Laboratorium Teknik Mesin Polbeng, dan sebelum diserah terimakan secara resmi, sudah dilakukan uji coba proses pengasapannya.

 

“Kalau sebelumnye secara manual kite orang kampong sini, terlambat membalikkn ikannya atau tidak menjaga apinya saat proses pengasapan maka beberapa bagian ikan akan gosong dan hasil pengasapannya selalu tak merata, tapi dengan menggunakan alat ini Alhamdulillah hasilnya jauh lebih baik dan rasanya lebih enak”, ungkap Jufrizal salah satu anggota Kelompok Nelayan yang melakukan uji coba pengasapan ikan Pari.

 

Dalam waktu lebih kurang 2 minggu sejak diserahkan, kelompok nelayan sudah melakukan pengasapan ikan lebih dari 80 Kg ikan segar, yang mana karena ini percobaan hampir sebagiannya dibagikan kepada beberapa masyarakat sekitar dan sisanya habis terjual.


“Terimakasih kepada Politeknik Negeri Bengkalis dan Tim Pengabdiannya, telah memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada kami untuk menerapkan alat pengasapan ikan ini. Semoga berkah dan bermanfaat untuk kita semua”, Tutup Jufrizal.


Lipantri Mashur Gultom sebagai ketua Tim Pengabdian ini, mengungkapkan bahwa tim nya akan terus melakukan pendampingan untuk pemasaran secara digital dan berharap ini kelak menjadi usaha kelompok nelayan untuk meningkatkan ekonomi dan dapat ditingkatkan lagi kuantitas dan kualitasnya kedepan seiring dengan bertambahkan minat masyarakat menikmati ikan asap air asin ini.

 

“Dengan meningkatnya kualitas pengasapan ikan dan melalui pemasaran secara digital, semoga kelak hasil ikan asap olahan kelompok Nelayan Berkah Sepakat menjadi salah satu ole-ole baru khas Bengkalis”, pungkas Lipantri.


Adapun Akun Medsos Kelompok Nelayan tersebut yaitu Instagram @ikanasapbks, dan nomor telepon yang bisa dihubungi yaitu 081365483963 atas nama Peli/ Jufrizal.**

 

Penulis : Supian

 

  Print Berita

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook