Mempermudah Pelaporan Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi

Dosen TI Polbeng Bikin Aplikasi Sistem Informasi Beban Kerja Dosen Berbasis Web

dibaca: 150 kali
Oleh: Admin Pendidikan | Jumat, 22 Oktober 2021 - 10:21:20 WIB

Dosen TI Polbeng Bikin Aplikasi Sistem Informasi Beban Kerja Dosen Berbasis Web

Tim Implementasi Sistem Informasi Beban Kerja Dosen Berbasis Web Untuk Pelaporan Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi

BENGKALIS  - Dosen Teknik Informatika Polbeng yang Diketuai M. Nasir, M.Kom dan sebagai anggota Nurul Fahmi, M.T serta diikuti oleh 1 orang Pranata Laboran Pendidikan (PLP), 2 orang mahasiswa dan 1 alumni melaksanakan Tri Dharama Perguruan Tinggi dalam bentuk Pengabdian Masyarakat dengan mengusung Program Sistem Informasi Beban Kerja Dosen (BKD) Berbasis Web untuk Pelaporan Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi di Politeknik Negeri Bengkalis. Kegiatan ini dilaksanakan di Bagian Umum dan Keuangan, Subbagian keuangan dan kepegawaian Politeknik Negeri Bengkalis sejak September 2020 sampai dengan Oktober 2021.
 
Dipandang perlu adanya sebuah aplikasi pelayanan sistem informasi Beban Kerja Dosen (BKD) berbasis web diterapkan sebagai solusi menuju Era digital sehingga dapat membantu para dosen serta Bagian Umum dan Keuangan, Subbagian keuangan dan kepegawaian Politeknik Negeri Bengkalis dalam hal pelaporan beban kerja dosen (BKD).
 
Disampikan M. Nasir, M.Kom “Saat ini pengumpulan data dari evaluasi beban kerja dosen (BKD) yang ada di Politeknik Negeri Bengkalis masih menggunakan cara manual berbasis dekstop yaitu aplikasi yang menggunakan Microsoft Access. Cara ini dirasakan tidak efisien dari segi waktu, tenaga, dan penyimpanan berkas BKD yang ada. Penulisan BKD yang dilakukan secara berulang – ulang setiap tahun membuat penyimpanan berkas yang ada membutuhkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar” kata Nasir saat di konfirmasi bengkalisinfo.com.
 
“Kegiatan pengabdian ini menerapkan metode prototipe dalam pembangunan sistem, kemudian untuk memastikan sistem yang dibangun telah sesuai dengan kebutuhan pengguna, selanjutnya dilakukan pengujian usability. Pengujian dilakukan dengan melakukan observasi ke pihak pengguna sistem. Hasil uji coba Sistem informasi beban kerja dosen (BKD) ini diharapkan bisa membantu Bagian Umum dan Keuangan, Subbagian keuangan dan kepegawaian Politeknik Negeri Bengkalis. Saat ini sistem yang dirancang masih ada beberapa fitur yang masih dalam tahap penyempurnaan” sambung Nasir.
 
Kegiatan ini disambut positif oleh Koordinator Keuangan dan Kepegawaian yang pada waktu itu diwakili Ferditama Nugraha, S.Psi selaku Staff Kepegawaian. Untuk kedepannya diharapkan sistem ini dapat di implementasikan secara efisien di Bagian Umum dan Keuangan, Subbagian keuangan dan kepegawaian Politeknik Negeri Bengkalis.**

  Print Berita

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook